Wartawan Iyus Firdaus
Pelitasukabumi.id – Kepala BKPSDM Kota Sukabumi, Taufik Hidayah, menghadiri kegiatan evaluasi pengelolaan kepegawaian tingkat nasional yang digelar BKN sebagai tuan rumah.
Agenda tahun 2025 ini sekaligus menjadi dasar perencanaan kebijakan kepegawaian nasional untuk tahun 2026.
Acara tersebut turut dihadiri Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Sosial Syaifullah Yusuf (Gus Ipul), Wamen Pariwisata Ni Luh Puspa, Wamen PAN-RB Purwadi Arianto, Kepala BKN Zudan Arif Fakrulloh, serta para bupati dan wali kota dari seluruh Indonesia.
Dalam paparannya, Kepala BKN Zudan Arif Fakrulloh menekankan pentingnya transformasi birokrasi yang mengambil inspirasi dari dua sektor yang telah berkembang pesat yaitu keuangan dan telekomunikasi.
Taufik menuturkan, perubahan di sektor-sektor tersebut menjadi contoh nyata percepatan layanan publik yang harus dicapai birokrasi.
Menurut Taufik, sektor keuangan telah mengalami lompatan besar. “Tahun 1980-an menerima uang masih pakai wesel pos, bisa seminggu sampai 10 hari. Sekarang semuanya cepat melalui m-banking,” ujarnya saat di konfirmasi wartawan Pelitasukabumi.id, Jumat pagi (21/11/2025).
Hal serupa terjadi pada sektor telekomunikasi yang berawal dari surat pos, telepon rumah, telepon koin, hingga era wartel dan kini layanan digital. “Pertanyaannya, apakah birokrasi sudah berubah secepat itu?” ucapnya.
Taufik juga menyoroti persepsi publik terhadap layanan seperti BCA yang identik dengan cepat, mudah, dan prosedur yang jelas.
Menurutnya, reformasi birokrasi harus mengarah pada layanan yang semakin memudahkan dan membahagiakan masyarakat.
Dia juga menegaskan pentingnya komitmen bersama pemerintah pusat dan daerah untuk mempercepat digitalisasi layanan kepegawaian.
Ia menilai momentum evaluasi nasional ini menjadi kesempatan untuk menyamakan langkah sekaligus memperkuat budaya kerja yang adaptif dan responsif.
Ia berharap seluruh perangkat daerah dapat mengambil inspirasi konkret dari dua sektor tersebut, sehingga transformasi birokrasi tidak hanya menjadi wacana, tetapi benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.
Kepala BKPSDM Kota Sukabumi Soroti Transformasi Birokrasi dari Sektor Keuangan hingga Telekomunikasi

